Tags

,

Absen nulisnya kok lama banget…?!? Hahah, mumpung ada kesempatan ngeblog ajja. Malam ini lagi pingin nulis tentang kalimat di atas itu tuh.

Sering telinga ini mendengar anak-anak berucap “Soalnya sudah!” atau “Pak soalnya sulit ngga?” atau “Sulit sekalleee!”. Tanpa sadar mereka itu sebenarnya sedang memprogram alam bawah sadar mereka untuk terus-menerus membentuk sebuah persepsi dalam pikiran mereka, pada hati mereka. Yang kemudian —lama-kelamaan— menciptakan suatu bentuk yang tak kasat mata yaitu rasa takut.

Takut salah, takut dimarahi, takut bertanya, takut mencoba, takut diejek-ejek, takut ditinggal teman, takut dan takut… Yang pada akhirnya akan menggerogoti hati, dan merusaknya.

Sulit itu hanyalah sebuah persepsi. Tantangan itu mana pernah mudah. Tantangan itu terus-menerus memojokkan kita ke tepi jurang yang sangat dalam, dingin dan gelap. Jurang yang dapat meruntuhkan rasa percaya diri, keyakinan akan kemampuan otak. Jurang yang selalu berhasil membuat hilang kesadaran diri, rasa peduli, lupa bahwa itu adalah sebuah tanggung jawab besar.

Sulit adalah sebuah persepsi yang terbentuk karena ketika tidak bisa, tidak mengerti, kemudian dihujani oleh kata-kata “Bodoh!” Satu kata tetapi sangat ampuh untuk menghancurkan rasa percaya diri seorang anak.

Tetapi, walau bagaimanapun yang namanya persepsi bisa dirubah, dibentuk, ditempa, sehingga menjadi sebuah senjata yang dapat menghalau segala bentuk ancaman dari rasa takut. Rasa takut yang membuat seseorang ogah berusaha.

Cobalah untuk mengubah persepsi itu dengan kalimat ini “SAYA BISA KARENA SAYA MAU!” Hidup adalah sebuah tanggung jawab besar, karena ia sudah memilih untuk hidup. Konsekuensinya adalah dia akan dihadapkan pada berbagai macam tantangan.