Tags

, , ,

Saat masih duduk di bangku SMA, saya sering sekali memvisualkan sesuatu, misal: saat saya ujian—saya memvisualnya buku-buku pelajaran yang telah saya baca. Mulai dari sampul, halaman, jumlah alenia, baris, warna tulisan, dan jenis huruf. Disaat belajar saya memvisualkan situasi saat ulangan, memvisualkan guru-guru yang mungkin akan jadi pengawas pada mata pelajaran yang sedang diujikan, situasi kelas, bahkan memvisualkan kemungkinan soal-soalnya—sedetil-detilnya.

Belakangan—setelah ± 3 tahun lulus dari SMA—saya membaca sebuah manga yang berjudul “Team Medical Dragon“, di situ sang tokoh utama sedang melakukan latihan pembedahan jantung pasien dan disebutkan bahwa itu adalah “Image Training“. Lalu mencari di internet tentang teknik ini. Ternyata ada.

Image Training adalah teknik yang hanya bisa dikuasai dengan konsentrasi yang intens dan pemahaman menyeluruh terhadap suatu obyek. Karena saat orang tersebut melakukan image training dia harus memiliki “Realistic Image” tentang obyek yang sedang dia latih—di dalam pikirannya, yang bisa dia jalankan/operasikan/adakan untuk maksud latihan yang dia lakukan.

Dalam kaitannya dengan belajar. Saya merekam buku yang sedang saya baca secara keseluruhan ke dalam pikiran/ingatan. Dan, disaat ujian saya tinggal memunculkan realistic image dari buku-buku tadi dalam pikiran saya. Begitu pula saat pertama kali saya belajar Desain Grafis dengan Photoshop maupun CorelDRAW, saya berusaha merekam semua gerak teman saya yang saat itu sedang menggunakan aplikasi tersebut, interface secara keselurusan—aplikasi yang sedang digunakan, arah gerak cursor/pointer mouse, menu yang terbuka, dan lain-lain. Sehingga saat saya mempraktekkan sendiri, saya tinggal memvisualkan image-image saya sudah direkam tadi.

Image Training sendiri sebenarnya bisa digunakan di bidang apa saja, kedokteran, olah raga, pendidikan, dan lain sebagainya. Literatur berbentuk buku sampai hari ini memang belum saya temukan, namun artikel-artikel yang membahasnya sudah banyak di internet. Ada juga lembaga pelatihan yang menyelegarakan pelatihannya. Entah di Indonesia ada atau tidak saya tidak tahu.

Dan, hari ini untuk pertama kalinya saya memperkenalkan Image Training pada siswa di sekolah tempat saya bertugas. Semoga saja mereka bisa mencobanya dan menguasainya. Serta dapat memanfaatkan/menggunakannya saat itu diperlukan.